Pages - Menu

Jumat, 11 Januari 2013

Eksotisme Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Bersejarah

Hunting ke pelabuhan sunda kelapa ini sebenarnya sudah lama. Walaupun sudah lama tinggal dijakarta cuma baru sekali ini mengunjungi pelabuhan yang penuh sejarah ini, itupun karena saya penasaran banyak temen2x fotograpi saya bercerita tentang keeksotisan pelabuhan ini. Ngga bakal nyesel deh...malah bikin ketagihan ingin datang lagi, begitu kata teman saya. Dan apa yang dikatakannya ternyata benar, banyak sekali spot-spot yang bisa dijadikan obyek hunting, baik itu landscape, human interest bahkan modeling, sehari sepertinya ngga cukup untuk memuaskan hasrat melukis dengan cahaya itu.

 Pelabuhan Sunda Kelapa adalah merupakan salah satu pelabuhan yang bersejarah. Menurut apa yang saya baca dari wikipedia pelabuhan yang disebut pelabuhan kalapa ini telah dikenal sejak abad ke 12 yang merupakan pelabuhan penting pajajaran. Kemudian pada masa masuknya Islam dan para penjajah eropa, pelabuhan kalapa merupakan ajang perebutan kerajaan-kerajaan dinusantara dan penjajah. Akhirnya Belanda berhasil menguasainya selama lebih dari 300 tahun. Para penjajah mengganti nama pelabuhan dan daeran disekitarnya, namun pada tahun 1970 an, nama kuno kalapa kembali digunakan sebagai nama resmi pelabuhan ini dengan bentuk "Sunda Kelapa"

Dari segi sejarah, pelabuhan ini merupakan salah satu tujuan wisata bagi DKI. Tidak jauh dari pelabuhan ini terdapat museum bahari dan disebelah selatan terdapat galangan kapal VOC dan gedung2x VOC yang telah direnovasi. Jadi bagi teman2x yang mempunyai hobi fotografi atau jalan2x, pelabuhan ini dapat menjadi sebuah obyek wisata yang tak terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar