Langsung ke konten utama

7 Tips Dan Trik Fotografi Smartphone Untuk Pemula Yang Perlu Dipelajari

Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang banyak dipilih oleh sebagian besar orang, terutama pria karena dengan fotografi dapat membuat sebuah objek foto menjadi lebih menarik dan tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Namun untuk para pemula belajar fotografi tentu saja menjadi satu hal yang perlu diperhatikan agar nantinya bisa mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Bicara tentang belajar dalam dunia fotografi, dalam mengabadikan sebuah objek tak harus menggunakan kamera digital ataupun DSLR, sekarang ini Anda juga bisa menggunakan sebuah smartphone untuk mengabadikan sebuah objek. Dengan smartphone mengambik gambar akan menjadi lebih mudah karena dapat dibawa kemanapun serta lebih simpel. Namun tak dapat dipungkiri jika masih ada banyak orang yang belum menguasai beberapa fasilitas dan teknik untuk mengambil gambar dengan smartphone agar mendapatkan hasil maksimal. Namun Anda tak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa tips dan trip fotografi menggunakan smartphone yang bisa Anda coba: 

Usahakan Tidak Menggunakan Fitur Zoom 
Yang pertama adalah usahakan tidak menggunakan zoom untuk mengambil ke sebuah objek yang dekat. Akan jauh lebih baik jika Anda mendekat ke objek foto yang akan Anda ambil. Lensa pada kamera smartphone biasanya mempunyai panjang focal 25 hingga 28mm atau dikenal sebagai lencsa sudut lebar. Oleh karena itu objek yang akan diambil terlihat lebih kecil jika dibandingkan sesungguhnya. Dan sering kali banyak orang yang menggunakan fitur zoom pada saat memotret objek tersebut. Namun ada baiknya jika hal tersebut dihindari karena nantinya akan membuat resolusi foto menjadi turun serta terpotong. Jadi intinya adalah Anda bisa mendekat ke objek tersebut dan foto agar hasilnya lebih maksimal. 

Pastikan Cahaya Sekitar Objek Tercukupi 
Kemudian yang kedua adalah memastikan jika cahaya yang ada di sekitar objek mencukupi. Kamera sebuah smartphone tentu saja tidak seperti mata yang sensitif dan dapat melihat di sebuah tempat dengan cahaya yang kurang. Oleh karena itu Anda perlu mengusahakan agar cahaya yang ada di sekitar objek benar – benar mencukupi. Jika memang kondisinya gelap, maka tips dan trik fotografi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan lampu flash yang ada pada smartphone tersebut. Tetapi Anda juga perlu mengingat jika jarak yang efektif dari penggunaan flash sendiri adalah 2 sampai dengan 3 meter. Namun jika memang dirasa kurang maksimal, Anda bisa menambah cahaya di sekitar objek tersebut dengan lampu. 

Stabil Dalam Memegang Smartphone 
Lalu yang ketiga adalah usahakan untuk stabil dalam memegang smartphone Anda. Karena semakin stabil kamera smartphone yang Anda pegang, maka hasil foto akan semakin bagus dan maksimal. Dengan demikian usahakan agar tangan Anda tenang di dalam mengambil foto. Selain itu jika diperlukan, maka Anda bisa menggunakan benda yang dapat dimanfaakan untuk sandaran. Contohnya saja adalah tembok ataupun pohon, bahkan jika perlu Anda bisa menggunakan tripod dengan demikian kestabilan tangan dapat dibantu dengan balk. 

Belajar Komposisi 
Selanjutnya adalah Anda juga perlu belajar fotografi mengenai komposisi, pengetahuan ini memang akan membantu Anda untuk bisa memotret dengan lebih baik lagi. Dengan komposisi yang tepat, tentu saja hasil foto akan terlihat lebih rapi, kuat dan tajam. Namun pastikan juga jika Anda tidak terlalu kaku, dalam artian tidak semua foto harus mengikuti aturan dari komposisi karena selera dari seorang fotografer bereda. 

Memotret Dari Tempat Yang Tak Biasa 
Yang kelima adalah Anda bisa mencoba untuk memotret sebuah objek dari tempat yang tak biasa, foto yang diambil dari sudut biasa maka akan memberikan hasil yang biasa pula. Oleh karena itu Anda bisa mencoba untuk memotret sebuah objek dari sudut yang tak biasa. Contohnya saja dengan berjongkok dan mengambil objek foto dengan sudut yang lebih rendah. Dengan demikian akan memberika kesan yang luar biasa. 

Selalu Membersihkan Lensa Smartphone 
Anda juga perlu memastikan jika lensa dari smartphone selalu bersih, karena sebaik apapun kemampuan Anda dalam memotret dan sebagus apapun objek foto tersebut, namun jika lensa smartphone Anda kotor maka akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Dan mengingat smartphone sering kali digunakan, maka tak jarang jika lensa kameranya kotor. Dengan demikian jaga kebersihan smartphone Anda, terutama lensanya jika memang Anda ingin menjadi seorang fotografer. Hal ini sangat penting, dimana Anda bisa menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan lensa kamera dan tak perlu menggunakan cairan apapun. Dan jika memang terkena minya, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih LCD maupun kacamata. 

Mengenli Waktu Jeda Shutter 
Selain itu tips dan trip fotografi yang bisa Anda lakukan adalah pastikan untuk mengenali waktu jeda shutter, kamera smartphone mempunyai shutter lag, yaitu waktu jeda di antara saat memencet dan juga saat kamera Ada mulai untuk mengambil foto. Kamera smartphone sendiri tak secepat kamera DSLR yang secepat kilat dalam mengambil foto setelah eksposur dipencet. Oleh karena itu mengenali shutter lag dengan baik sangat penting agar nantinya tangan tetap tenang setelah menekan shutter. Dengan demikian hasil foto yang didapatkan akan lebih maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Scientia Square Park

Scientia Square Park berada di kawasan Tangerang tepatnya gading serpong. Bila masih bingung mau pergi kemana selama liburan maka Scientia Square Park bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Tipsnya agar nyaman bermain ditaman ini adalah jangan datang terlalu siang...hehehe...panas keles. Salah satu arena yang ada ditaman ini adalah di Butterfly Park. Anak-anak dapat melihat metamorfosa dari kupu2x.



Selaln itu ada lagi kegiatan yang asik yaitu menaiki Ayunan bandul atau pendulum. Petugas akan mendorong ayunan ke segala arah. Ayunan ini bisa diisi sampai 5 orang. Selain itu banyak lagi arena-arena lain yang menarik lainnya di Scientia Square Park ini yaitu antara lain Wall Climbing, Science Playground, area sawah yang luas, kolam untuk memberi makanan ikan koi sambil naik sampan dan apabila mempunyai remote control car di Scientia Square Park disediakan treknya...Asyiiik kaaan.

Gunung Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang

Late post again…hiks akibat kemalasan dan suka menunda pekerjaan menulis. Banyak detail yang terlupakan. Tapi Alhamdulillah dokumentasi foto masih ada…hehe. Agak lupa saya kapan berkunjung ke Gunung tangkuban perahu ini, yang pasti sih tahun 2015 lah.


Gunung tangkuban perahu adalah salah satu obyek wisata di Jawa barat, letaknya kira-kira 20 km ke arah utara kota bandung. Saya sendiri berangkat ke Gunung tangkuban perahu melalui pintu keluar tol Pasteur lalu menuju arah Lembang. Karena tidak tahu pasti lokasinya maka saya mengandalkan Google Maps. Sempat was-was karena dibawa ke daerah yang sepi penduduk malah kadang-kadang saking ragu-ragunya saya mengkombinasi arah Google Maps dengan petunjuk penduduk setempat. Akhirnya sampailah saya ke tujuan Gunung tangkuban perahu. Bau belerang sudah mulai menusuk ketika menanjak masuk ke daerah wisata Gunung Tangkuban Perahu ini.

Kedai Kita Ada di Jakarta

Pertama kali kulineran di Kedai Kita ini di bogor, kebetulan ada teman yang merekomendasi tempat ini. Lalu dicobalah menuju kedai rekomen ini…ternyata…penuh…sampai harus waiting list segala. Makin penasaranlah…apa seenak itu makanannya. Setelah bersabar menunggu akhirnya dipersilahkan masuk. Lama menunggu tidak membuat para pelayan bergegas untuk mencatat menu yang kami ingin order, Walaupun sudah beberapa kali dipanggil sampai akhirnya kami tarik pelayannya dan memesan makanan. Untungnya makanannya enak. Tidak mengecewakanlah.
Setelah sekali merasakan kuliner di Kedai Kita. Ada niat lagi sih berkunjung lagi ke situ, tapi kepikiran pelayanannya jadi malas ke sana apalagi domisili di Jakarta. Tidak lama kemudian ternyata Kedai Kita membuka cabang di Jakarta. Hehehe…Alhamdulillah kesampean juga makan di Kedai Kita lagi, apalagi menunya dan suasananya sama seperti Kedai Kita yang di Bogor. Untuk pelayanannya disini saya pikir lebih bagus dan tidak crowded dan lebih nyaman lah.