Langsung ke konten utama

Inilah Beberapa Tips dan Trik Fotografi yang Perlu Anda Ketahui

Tips dan trip fotografi menjadi informasi yang menarik sekaligus bermanfaat bagi banyak orang. Terutama Anda yang tertarik dengan bidang ini atau mungkin sudah berprofesi sebagai fotografer, baik yang masih pemula atau sudah berpengalaman. Tidak peduli masih pemula atau profesional, semua fotografer harus selalu belajar dan berlatih setiap waktu. Hal itu bertujuan untuk menambah pengetahuannya seputar bidang fotografi yang seiring perkembangan zaman akan berubah. Dalam arti, berubah ke arah yang lebih baik atau disebut progresif. Oleh karena itu, Anda yang mengaku sebagai penggemar fotografi sudah seharusnya menyesuaikannya agar tidak ketinggalan zaman. Sementara itu, salah satu cara belajar fotografi yang efektif, yaitu mengetahui tips-tips dasar seputar bidang tersebut. Ada beberapa tips dan trip fotografi yang perlu Anda ketahui. Berikut akan disampaikan beberapa di antaranya yang semoga bermanfaat untuk Anda. 

Belajar fotografi dari dasarnya 

Hal ini sangat penting karena dasar di tiap bidang ilmu tentu berbeda-beda dan akan menjadi dasar bagi pembelajaran di tingkat yang lebih tinggi. Begitu juga pada ilmu fotografi, informasi dasar mengenai bidang tersebut sangat penting diketahui informasinya secara detail. Jika Anda sudah mengetahui informasi dasarnya, aktivitas lanjutannya akan lebih mudah dan lancar. Namun pada kenyataannya, tidas sedikit fotografer pemula enggan mmpelajari informasi dasar fotografi. Alasannya karena membosankan dan tidak menarik untuk dipelajari, Maka dari itu, mereka memilih langsung praktiknya saja dengan acuan informasi singkat dari dunia maya yang mudah mendapatkannya. Anda jangan seperti itu dan direkomendasikan mempelajarinya dari dasar. Minimal Anda membaca dan mengetahuinya dulu untuk dijadikan informasi dasar yang bermanfaat. Sementara untuk sumber referensinya, Anda dapat mencarinya di dunia nyata ataupun dunia maya.

Belajar otodidak sambil praktik langsung 

Pembelajaran secara otodidak atau dilakukan secara mandiri banyak dilakukan oleh calon fotografer-fotografer profesional karena dianggap lebih mudah dan murah. Lebih mudah karena belajarnya dengan cara sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan masing-masing. Anda pun bisa memilih dan memilah bagian atau tema mana saja yang mau dipelajari tanpa harus berpegang pada aturan baku. Lebih murah karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya lebih kepada orang atau pihak lain hanya untuk belajar fotografi. Anda tetap mengeluarkan uang saat belajar secara otodidak, tetapi tidak sebesar saat Anda mengikuti sekolah, pelatihan, atau kursus fotografi di sebuah lembaga atau institusi tertentu. Silakan saja Anda belajar fotografi secara otodidak. Namun demikian, jangan lupa untuk mempraktikkan langsung di lapangan apa saja yang sudah dibaca dan dipelajari tersebut. Dengan begitu, pembelajarannya lebih efektif dan mengenai sasaran. Anda bisa belajar satu tahap, lalu dipraktikkan di lapangan. Secara bertahap dan melakukannya terus menerus. 

Mempunyai peralatan standar fotografi.  

Sebaiknya Anda mempunyai peralatan dan perlengkapan standar fotografi yang memadai terlebih dulu sembari terus belajar. Keberadaan peralatan tersebut sangat penting karena bisa Andapakai dalam praktik langsung di lapangan. Memang tidak mudah dan murah untuk mendapatkannya. Anda harus menyiapkan budget atau anggaran keuangan yang mencukupi terlebih dulu. Sementara itu, Anda juga perlu mendapatkan informasi perihal harga-harga peralatan fotografi yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan sendiri berapa besaran anggaran uang yang harus disiapkan. Misalnya, Anda ingin membeli kamera digital tipe DSLR dengan spesifikasi tertentu. Silakan cari informasinya secara online di dunia maya agar lebih cepat dan praktis. Setelah mengetahui harganya, Anda bisa melihat sendiri budget yang dimiliki sudah mencukupi atau belum. Jika sudah, silakan membelinya segera. Namun jika belum mencukupi, bersabarlah dan menabung uang . 

Bertanya dan berkonsultasi dengan fotografer profesional 

Untuk tips dan trik fotografiyang satu ini, jangan sampai Anda lupakan. Pasalnya, Anda sebagai fotografer pemula pasti banyak masalah dan rintangan saat mempraktikkan ilmu fotografi di lapangan. Jika mampu menyelesaikannya sendiri, tentu saja bagus dan silakan dilakukan. Namun jika Anda merasa tidakmampu menyelesaikannya sendiri, jangan memaksakan diri karena hasilnya nanti tidak bagus. Lebih baik Anda bertanya dan berkonsultasi dengan fotografer yang lebih berpengalaman serta profesional di bidang ini. Dengan begitu, Anda bisa segera menemukan solusi dan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Jangan sampai lari dari masalah yang menghadang, tetapi hadapi dan selesaikan hingga tuntas. Oleh karena itu, jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya seputar dunia fotografi kepada mereka yang lebih berpengalaman karena penting untuk Anda sendiri. Itulah cara yang tepat dan efektif untuk Anda lakukan. Dari uraian di atas, semoga bisa bermanfaat bagi Anda untuk belajar fotografi serta menjadi fotografer yang lebih hebat lagi. Tips dan trio fotografi tersebut hanya sebagian kecil dari sekian banyak lainnya. Minimal dapat menambah pengetahuan Anda di bidang fotografi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Scientia Square Park

Scientia Square Park berada di kawasan Tangerang tepatnya gading serpong. Bila masih bingung mau pergi kemana selama liburan maka Scientia Square Park bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Tipsnya agar nyaman bermain ditaman ini adalah jangan datang terlalu siang...hehehe...panas keles. Salah satu arena yang ada ditaman ini adalah di Butterfly Park. Anak-anak dapat melihat metamorfosa dari kupu2x.



Selaln itu ada lagi kegiatan yang asik yaitu menaiki Ayunan bandul atau pendulum. Petugas akan mendorong ayunan ke segala arah. Ayunan ini bisa diisi sampai 5 orang. Selain itu banyak lagi arena-arena lain yang menarik lainnya di Scientia Square Park ini yaitu antara lain Wall Climbing, Science Playground, area sawah yang luas, kolam untuk memberi makanan ikan koi sambil naik sampan dan apabila mempunyai remote control car di Scientia Square Park disediakan treknya...Asyiiik kaaan.

Gunung Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang

Late post again…hiks akibat kemalasan dan suka menunda pekerjaan menulis. Banyak detail yang terlupakan. Tapi Alhamdulillah dokumentasi foto masih ada…hehe. Agak lupa saya kapan berkunjung ke Gunung tangkuban perahu ini, yang pasti sih tahun 2015 lah.


Gunung tangkuban perahu adalah salah satu obyek wisata di Jawa barat, letaknya kira-kira 20 km ke arah utara kota bandung. Saya sendiri berangkat ke Gunung tangkuban perahu melalui pintu keluar tol Pasteur lalu menuju arah Lembang. Karena tidak tahu pasti lokasinya maka saya mengandalkan Google Maps. Sempat was-was karena dibawa ke daerah yang sepi penduduk malah kadang-kadang saking ragu-ragunya saya mengkombinasi arah Google Maps dengan petunjuk penduduk setempat. Akhirnya sampailah saya ke tujuan Gunung tangkuban perahu. Bau belerang sudah mulai menusuk ketika menanjak masuk ke daerah wisata Gunung Tangkuban Perahu ini.

Kedai Kita Ada di Jakarta

Pertama kali kulineran di Kedai Kita ini di bogor, kebetulan ada teman yang merekomendasi tempat ini. Lalu dicobalah menuju kedai rekomen ini…ternyata…penuh…sampai harus waiting list segala. Makin penasaranlah…apa seenak itu makanannya. Setelah bersabar menunggu akhirnya dipersilahkan masuk. Lama menunggu tidak membuat para pelayan bergegas untuk mencatat menu yang kami ingin order, Walaupun sudah beberapa kali dipanggil sampai akhirnya kami tarik pelayannya dan memesan makanan. Untungnya makanannya enak. Tidak mengecewakanlah.
Setelah sekali merasakan kuliner di Kedai Kita. Ada niat lagi sih berkunjung lagi ke situ, tapi kepikiran pelayanannya jadi malas ke sana apalagi domisili di Jakarta. Tidak lama kemudian ternyata Kedai Kita membuka cabang di Jakarta. Hehehe…Alhamdulillah kesampean juga makan di Kedai Kita lagi, apalagi menunya dan suasananya sama seperti Kedai Kita yang di Bogor. Untuk pelayanannya disini saya pikir lebih bagus dan tidak crowded dan lebih nyaman lah.