Langsung ke konten utama

Mulai Belajar Fotografi secara Otodidak untuk Pemula

Fotografi merupakan salah satu bidang yang selalu menarik untuk dipelajari. Memang sudah suatu kebanggan tersendiri bila bisa mengambil foto yang berkualitas dengan komposisi yang apik. Namun, untuk menghasilkan foto yang seperti itu tidak sembarang orang bisa melakukannya. Sama seperti bidang lain, fotografi juga mempunyai banyak teori dan teknik dasar yang harus dikuasai bila ingin menjadi fotografer yang handal. 
Meskipun ada banyak sekolah atau kursus fotografi, tapi bukan berarti bidang ini tidak bisa dipelajari secara otodidak atau mandiri. Nyatanya banyak juga fotografer profesional yang ternyata mempelajari fotografi secara mandiri. Bila mereka bisa, anda pun juga bisa belajar fotografi secara otodidak dengan beberapa langkah berikut ini. 
Memahami dasar-dasar fotografi
Sebelum anda pergi ke toko dan membeli kamera pertama anda, sebaiknya pelajari dahulu dasar fotografi. Dalam dunia fotografi dikenal dengan istilah segitiga emas eksposur yang terdiri dari shutter speed, aperture, dan ISO. Tiga hal ini merupakan hal mendasar dalam fotografi yang harus dipahami untuk mengasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mempelajari berbagai istilah dasar fotografi dan teorinya dari buku atau tutorial di Internet. 
Mengenal kamera yang dimiliki
Untuk menjadi fotografi profesional anda membutuhkan sebuah kamera dan aksesorisnya. Bila dirasa masih belum mencukupi untuk membeli kamera DSLR, anda bisa memilih kamera jenis lain dengan harga yang pas untuk kantong. Bukan kamera yang menentukan kualitas foto, melainkan pemahanan tentang kamera yang dimiliki. Mempelajari teknik fotografi yang lain akan jauh lebih mudah bila anda sudah mengenal kamera yang dimiliki. Dengan begitu, saat mengambil gambar, anda sudah hafal dengan cara setting dan juga kebutuhan yang lainnya. Selain itu, setiap kamera juga mempunyai fitur, keunggulan, dan kelemahan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Yang terpenting adalah anda mengenal kamera yang dimiliki dan bisa mengoperasikannya sesuai dengan teori yang sudah dipahami. 

Memahami fungsi penting lensa
Dalam dunia fotografi, lensa adalah salah satu elemen penting yang harus dipelajari dengan seksama. Lensa adalah jalan masuk cahaya menuju sensor. Bila kualitas lensa tidak bagus juga akan mempengaruhi kualitas foto yang anda ambil. Sama halnya dengan kamera, lensa kamera juga tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran yang digunakan untuk memotret gambar dengan tujuan yang berbeda. Sebelum membeli lensa, sebaiknya anda mempertimbangkan lensa seperti apa yang anda butuhkan. 
Selain itu, sebelum membeli lensa anda juga harus memahami panjang fokal lensa. Hal ini karena satu lensa dengan ukuran yang sama bisa saja mempunyai fokal yang berbeda bila dipasang di kamera dengan sensor yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya pahami dahulu kebutuhan kamera dan fotografi anda sebelum memutuskan membeli lensa. 
Mengenal mode pemotretan
Setiap kamera mempunyai pilihan pengoperasian mulai dari mode otomatis hingga manual. Pengoperasian ini dikenal dengan modus/mode pemotretan. Mode yang paling mudah adalah mode auto yang sudah diseting secara otomatis oleh kamera. Namun bila anda mmembutuhkan foto yang bagus, anda bisa mencoba bermain dengan mode manual dan melihat mana yang cocok dengan keinginan anda. 
Selain mode pemotretan, ada beberapa pengaturan lain yang harus anda ketahui karena mempengaruhi hasil foto yang diambil seperti white balance, picture style, dan sejenisnya. 
Belajar teknik dasar fotografi
Untuk pengambilan foto yang bagus, anda harus memahami dua teknik dasar fotografi. Teknik pertama adalan teknik pengambilan gambar sesuai dengan kaidah fotografi. Sedangkan teknik kedua adalah sudut pengambilan gambar atau angle. Dengan teknik pengambilan gambar yang bagus dan sudut yang sesuai, gambar yang anda hasilkan akan sangat bagus. 
Memahami komposisi dalam fotografi
Salah satu kategori foto yang bagus adalah komposisi yang tepat. Komposisi adalah salah satu elemen keindahan fotografi yang hakiki. Dari komposisi, anda bisa membedakan mana yang menjadi fokus utama, pelengkap, dan juga background. Dalam fotografi, menyusun komposisi bisa saja mudah atau sulit tergantung dengan keadaan dan pemahaman anda terhadap fotografi. Selain itu, komposisi gambar juga salah satu faktor yang membedakan foto profesional dengan pemula meski perbedaan keduanya terlihat samar. Komposis dalam fotografi dibagi menjadi beberapa jenis sepert perspektif satu titik lenyak. Komposisi spiral, komposisi Fibonacci/golden ratio, dan lain sebagainya. 
Bergabung dengan komunitas
Bila anda ingin menjadi fotografer profesional, jangan hanya berdiam diri di rumah. Cobalah bergabung dengan komunitas fotografer sehingga anda bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru dari sesama fotografer. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan saran dan kritik untuk hasil karya anda. Selain itu, banyak komunitas fotografi yang sering mengadakan sesi sharing untuk bertukar pengetahuan dan menambah wawasan anda tentang dunia fotografi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Scientia Square Park

Scientia Square Park berada di kawasan Tangerang tepatnya gading serpong. Bila masih bingung mau pergi kemana selama liburan maka Scientia Square Park bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Tipsnya agar nyaman bermain ditaman ini adalah jangan datang terlalu siang...hehehe...panas keles. Salah satu arena yang ada ditaman ini adalah di Butterfly Park. Anak-anak dapat melihat metamorfosa dari kupu2x.



Selaln itu ada lagi kegiatan yang asik yaitu menaiki Ayunan bandul atau pendulum. Petugas akan mendorong ayunan ke segala arah. Ayunan ini bisa diisi sampai 5 orang. Selain itu banyak lagi arena-arena lain yang menarik lainnya di Scientia Square Park ini yaitu antara lain Wall Climbing, Science Playground, area sawah yang luas, kolam untuk memberi makanan ikan koi sambil naik sampan dan apabila mempunyai remote control car di Scientia Square Park disediakan treknya...Asyiiik kaaan.

Gunung Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang

Late post again…hiks akibat kemalasan dan suka menunda pekerjaan menulis. Banyak detail yang terlupakan. Tapi Alhamdulillah dokumentasi foto masih ada…hehe. Agak lupa saya kapan berkunjung ke Gunung tangkuban perahu ini, yang pasti sih tahun 2015 lah.


Gunung tangkuban perahu adalah salah satu obyek wisata di Jawa barat, letaknya kira-kira 20 km ke arah utara kota bandung. Saya sendiri berangkat ke Gunung tangkuban perahu melalui pintu keluar tol Pasteur lalu menuju arah Lembang. Karena tidak tahu pasti lokasinya maka saya mengandalkan Google Maps. Sempat was-was karena dibawa ke daerah yang sepi penduduk malah kadang-kadang saking ragu-ragunya saya mengkombinasi arah Google Maps dengan petunjuk penduduk setempat. Akhirnya sampailah saya ke tujuan Gunung tangkuban perahu. Bau belerang sudah mulai menusuk ketika menanjak masuk ke daerah wisata Gunung Tangkuban Perahu ini.

Kedai Kita Ada di Jakarta

Pertama kali kulineran di Kedai Kita ini di bogor, kebetulan ada teman yang merekomendasi tempat ini. Lalu dicobalah menuju kedai rekomen ini…ternyata…penuh…sampai harus waiting list segala. Makin penasaranlah…apa seenak itu makanannya. Setelah bersabar menunggu akhirnya dipersilahkan masuk. Lama menunggu tidak membuat para pelayan bergegas untuk mencatat menu yang kami ingin order, Walaupun sudah beberapa kali dipanggil sampai akhirnya kami tarik pelayannya dan memesan makanan. Untungnya makanannya enak. Tidak mengecewakanlah.
Setelah sekali merasakan kuliner di Kedai Kita. Ada niat lagi sih berkunjung lagi ke situ, tapi kepikiran pelayanannya jadi malas ke sana apalagi domisili di Jakarta. Tidak lama kemudian ternyata Kedai Kita membuka cabang di Jakarta. Hehehe…Alhamdulillah kesampean juga makan di Kedai Kita lagi, apalagi menunya dan suasananya sama seperti Kedai Kita yang di Bogor. Untuk pelayanannya disini saya pikir lebih bagus dan tidak crowded dan lebih nyaman lah.